Update,Resep Soto Kudus Endol Agustus 2020- KILAT

42

KilatKuliner– Hallo sobat icip icip, kembali mimin bagikan resep masakan khas indonesia yang sudah melegenda.Yuks kepoin aja di artikel ini yaa.

Soto ayam kudus merupakan resep masakan indonesia asli yang cukup terkenal. Banyak rumah makan yang menyediakan menu soto ayam dari kudus ini. Resep masakan soto kudus menggunakan bahan utama daging sapi / kerbau dan dapat juga dengan suwiran daging ayam sama enaknya. Bumbu soto kudus sedikit berbeda dengan bumbu soto pada umumnya karena tidak menggunakan santan maupun kunyit, dengan demikian tentu memiliki cita rasa berbeda dengan resep soto lainnya. Salah satu resep soto daging paling mantap yakni soto daging betawi dengan kuah santan kentalnya.

Resep soto kudus kali ini akan menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya dan akan menerapkan bumbu soto kudus asli, sehingga bunda dan sis dapat menikmati soto kudus asli tanpa harus berkunjung ke daerah asalnya. Soto ayam kudus ini juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan sebab mencantumkan jinten yang mempunyai manfaat kesehatan luar biasa.

Cara membuat soto kudus cukup sederhana dan mudah. Pada resep masakan soto kudus ini saya akan menulis resep secara jelas dan berurutan, sehingga bunda semua dapat membuat masakan soto kudus dengan mudah dan tidak kebingungan karena resepnya tidak komplit. Namun demikian saya sarankan untuk memenuhi semua peralatan dan bahan bahan bumbunya terlebih dahulu supaya mempermudah saat bunda mulai memasak soto ayam kudus ini.

Bumbu soto kudus asli menggunakan bumbu rempah rempah yang mudah di dapat dan di beli di pasar tradisional maupun pasar swalayan, seperti : bawang merah, bawang putih, jinten ( jintan ), ketumbar, jahe, kemiri, dan bahan bumbu lainnya. Yang jelas semua bumbu dan bahan untuk membuat masakan soto ayam kudus ini mudah di beli dan harganya cukup murah.

Bahan utama soto ayam kudus
⇒Daging ayam : 1 kg ( 1 ekor ayam ukuran sedang ).
⇒Air : ± 1½ hingga 2 liter untuk rebus ayam dan kuah.

Bahan bahan soto kudus
⇒Daun salam : 3 lembar.
⇒Lengkuas : 1 kerat sekitar 2 cm.
⇒Serai : 3 batang ( potong ujungnya dan di geprek ).
⇒Minyak goreng : secukupnya.
⇒Garam, gula, penyedap rasa : secukupnya.

bumbu halus soto kudus
⇒Bawang putih : 6 siung bawang putih.
⇒Bawang merah : 8 butir bawang merah.
⇒Ketumbar : ± 1 ½ ketumbar.
⇒jintan : ± ½ sendok teh.
⇒Kemiri ( buah keras ) : 6 hingga 8 butir.
⇒Jahe : 1 ruas jahe sekitar 3 cm.

Bahan bahan tambahan untuk penyajian soto ayam kudus
⇒Telur ayam : 4 butir ( secukupnya ).
⇒Tauge : ± 250 gram.
⇒Daun seledri : 1 ikat kecil.
⇒Kecap manis : secukupnya.
⇒Jeruk nipis : secukupnya ( potong 1 buah menjadi 3 bagian untuk perasan ).
⇒Bawang putih goreng : secukupnya.
⇒Bawang merah goreng : secukupnya.

Laman: 1 2

You might also like
close